Bimbingan Teknis Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Versi 3.0

Bandung Command Center > All  > Bimbingan Teknis Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Versi 3.0

Bimbingan Teknis Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Versi 3.0

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) merupakan sarana aspirasi dan pengaduan yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu, dan tuntas.

 

LAPOR berperan penting dalam penanganan pengaduan bagi pelayanan publik yang lebih baik, untuk mewujudkan layanan publik di indonesia yang berkualitas dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat.

 

Rabu (13/3) Kegiatan Bimbingan Teknis Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Versi 3.0 dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Ibu Ahyani Raksanagara, M.Kes menuturkan “Pemerintah Kota Bandung telah bekerja sama dengan kantor staf presiden, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Ombudsman Republik Indonesia, untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik kepada masyarakat melalui penerapan aplikasi LAPOR. LAPOR hadir untuk merangkul dan menjaring informasi yang bersumber langsung dari masyarakat. melalui LAPOR, aspirasi dan pengaduan masyarakat dapat langsung dikelola oleh organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kota Bandung sesuai bidang permasalahannya, hingga permasalahan kota dapat diatasi secara lebih tepat, cepat dan solutif’’.

 

Pemerintah Kota Bandung telah menerima lebih dari lima belas ribu pengaduan dengan jumlah pengaduan lebih dari seratus pengaduan setiap bulannya. Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah data laporan yang disampaikan oleh masyarakat melalui LAPOR!, demi menjaga kualitas pelayanan publik, pada tahun 2019 Kementerian PAN-RB dan Kantor Staf Presiden telah secara resmi meluncurkan aplikasi lapor!  versi 3.0.  Aplikasi ini tidak mengubah sistem pengelolaan pengaduan yang telah ada, namun lebih kepada meningkatkan kualitas interaksi dalam segi tampilannya, dan dengan struktur basis data yang lebih baik diharapkan dengan hadirnya LAPOR! versi 3.0 dapat mewujudkan pengelolaan pengaduan yang lebih tertata, efektif dalam memberikan solusi dan efisien dalam penggunaannya.

 

Hadirnya aplikasi LAPOR di lingkungan Pemerintah Kota Bandung diharapkan mampu melayani aspirasi dan pengaduan masyarakat secara sigap, aktif, dan responsif memberikan pelayanan terbaiknya kapanpun dan dimanapun, untuk mewujudkan smart society di Kota Bandung. Sangat tepat jika kami menyebut pengelola lapor ini sebagai para pelukis senyum untuk wajah Kota Bandung .  Semoga Bimbingan Teknis ini dapat menjadi energi positif dan semangat baru dalam pelayanan publik di Kota Bandung.

 

sumber : diskominfo.bandung.go.id

1 Comment
  • Posted at 3:39 am, April 10, 2019

    Semoga LAPOR! dan Kota Bandung bisa lebih maju dan bisa melayani masyarakat kota Bandung dengan penuh Semangat! Bandung Juara!

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website