LAPOR!

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat
Cara Melapor Yang Baik dan Benar

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!)

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat [LAPOR!] adalah sebuah aplikasi media sosial yang dibangun dan dikelola oleh Kantor Staff Presiden (KSP) untuk melibatkan partisipasi publik dan meningkatkan interaksi dua arah antara masyarakat dan Pemerintah Kota Bandung dalam pengawasan program-program pembangunan. Partisipasi dan interaksi dari masyarakat umum ini dijaring melalui penerimaan dan tindak lanjut aspirasi dan pengaduan, yang semuanya terdokumentasi dengan baik dalam aplikasi LAPOR! dengan fitur-fitur berteknologi mutakhir dan dapat diakses secara mudah oleh publik. Tidak hanya melayani aspirasi dan pengaduan mengenai program-program pembangunan, LAPOR! juga dapat diandalkan dalam pengawasan layanan publik bekerja sama dengan Ombudsman RI.

 

LAPOR! dapat digunakan secara internal oleh instansi-instansi pemerintah termasuk oleh pemerintah daerah sebagai sistem pengelolaan aspirasi dan pengaduan yang terpadu. Fitur-fitur LAPOR! dapat digunakan untuk mendisposisikan laporan yang sudah diterima Organisasi Perangkat Daerah [OPD] terkait. untuk selanjutnya diawasi tindak lanjutnya secara elektronik.

Mengenai LAPOR! Kota Bandung

Pemerintah Kota Bandung meluncurkan program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau disingkat LAPOR!, oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, dan disaksikan oleh Kepala UKP4 (Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Kuntoro Mangkusubroto, di ruang tengah Balai Kota Bandung, Jl. Wastukancana No.2, hari Jumat (18/10/2013). Serta dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M.Danial, Sekda Kota Bandung Yossi Irianto, Kepala Diskominfo Kota Bandung Bulgan Alamin dan sejumlah pejabat publik Kota Bandung.

 

LAPOR ini bisa menggunakan tiga kanal utama yang mudah diakses masyarakat melaui situs web www.lapor.go.id, atau SMS ke 1708 dengan format : BDG isi aduan dari semua operator telepon seluler, serta aplikasi mobile melalui smartphone.