Tinjau Lokasi Banjir, Solihin Semangati Warga

Bandung Command Center > All  > Desentralisasi  > Tinjau Lokasi Banjir, Solihin Semangati Warga

Tinjau Lokasi Banjir, Solihin Semangati Warga

Penjabat Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin meninjau lokasi bencana banjir di Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati Kota Bandung, Rabu (21/3/2018). Selain di Kecamatan Mandalajati, bencana banjir pun menimpa Kelurahan Pasirluyu Kecamatan Cibeunying Kidul dan Kelurahan Cicaheum Kecamatan Kiaracondong. Selama di lokasi tersebut, Solihin meninjau lokasi rumah maupun lingkungan sekitar yang terkena dampak banjir saat hujan dengan intensitas tinggi Selasa, (20/3/2018). Di sela sela penijauan, Solihin berinteraksi dan memberikan semangat kepada warga agar tabah dan kuat menghadapi bencana yang menimpnya. “Kemarin itu kejadian banjir yang luar biasa dan di luar prediski,” katanya.

 

Menurutnya, penangan kondisi seperti ini tidak hanya oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Masalah ini harus dengan ditangani bersama dengan daerah otonomi yang lain, termasuk Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB). “Hal tersebut dilakukan karena kondisi ini harus dihadapi bersama dan diselasaikan bersama. Kita akan lakukan kordinasi dengan KBB dan Kabupaten Bandung agar penanganannya tidak parsial, tapi penanganannya bersama-sama. Sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan dengan baik,” ujar Solihin. Antisipasi selanjutnya, akan mengerahkan perangkat daerah di Kota Bandung untuk menjaga ketika hujan tiba. “Jadi kita tetap fokus, khususnya di lokasi Gedebage dan sekitarnya,” tegas Solihin.

 

Di luar itu, Solihin mengatakan, kejadian ini merupakan peringatan untuk seluruh warga Bandung. Bencana yang telah terjadi harus diselesaikan dengan terintegrasi. “Ini merupakan peringatan kita semua, selesaikan  dengan integrasi yang baik,”kata solihin. Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung, Elly Wasilah mengungkapkan, telah memberikan bantuan beras premium sebanyak 2,3 ton. Namun setelah dihitung olehnya, jumlah kepala keluarga dengan bantuan yang diberikan masih kurang, sehingga Dispangtan memberikan tambahan bantuan yang akan diluncurkan besok sebanyak 6 ton. “Ini baru hitungan untuk 229 KK, sedangkan di Mandalajati hampir 500 KK. Sehingga kita akan berikan bantauan lagi besok 6 ton dengan bertahap,” ujarnya.

 

Sedangkan bantuan yang diberikan oleh Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung di antaranya Beras 100 karung, Mie Instan 100 dus dan Kecap manis 100 buah. Bantuan diserahkan dan diterima langsung oleh Camat Kiaracondong dan Camat Mandalajati di Posko Bencana Banjir di Kelurahan Cicaheum, Kecamatan Kiaracondong. Berdasarkan catatan, korban terdampak di Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati sebanyak  229 Kepala Keluarga (KK), Kelurahan Pasirlayung Kecamatan Cibeunying Kidul sebanyak 35 KK dan Kelurahan Cicaheum Kecamatan Kiaracondong sebanyak 500 (KK).

Sumber : portal.bandung.go.id

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website